6. Setting BIOS

Sebenarnya setting BIOS digunakan untuk mendapatkan system yang setabil atau system dengan kecepatan tinggi. Jika kita dapat menyeting BIOS dengan menghasilkan system yang cepat tapi tidak ada kesetabilan maka percuma saja. Tentu kita ingin menyeting BIOS dengan menghasilkan system yang stabil dan cepat. Oleh karena itu kita harus mengenali fungsi dari masing-masing bagian BIOS.

Cara untuk mengoptimalkan setting BIOS:

  • Untuk mendapatkan settingan BIOS yang baik biasanya menggunakan piliha auto adalah pilihan yang tepat. Karena kebanyakan produsen motherboard, menyesuaikan setting CPU frekuency sesuai dengan beban kerja PC. Beberapa juga menyediakan preset profile, dengan beberapa tingkatan. Selama tidak ada masalah kesetabilan, hal ini dapat terus dilakukan.
  • Quick power on self test pilihan enebled. Proses ini adalah proses pemeriksaan komponen-komponen PC. Jika kita pilih disable maka proses akan dilakukan lebih lama.
  • Boot virus detection pilihan disabled. Fungsi ini tidak banyak digunakan, karena tidak mempunyai perlindungan terhadap serangan virus.
  • Internal dan external chace pilihan enebled. Chace internal dan eksternal berfungsi sebagai buffer data cepat antara CPU dan RAM.
  • Port ide yang tidak terpakai pilihan disable.
  • AGP aperture size digunakan untuk menentukan jumlah RAM yang dialokasikan untuk AGP. Pilihan setengah dari jumlah RAM yang anda miliki.
  • AGP fast write pilihan enebled. Fungsi ini akan mempercepat pengoprasian software dan penggunaan same 3D
  • Boot sequence digunakan untuk menentukan urutan proses booting yang akan dilakukan. Agar cepat pilihlah booting dari hardisk
  • Boot up floppy seek pilihlah disabled. Karena floppy drive sekarang sudah jarang digunakan. Hal ini juga dapat mempercepat proses booting
  • CPU speed dihasilkan dari perkalian antara clock dan multiplier.

Fungsi di atas hanya sebagian kecil saja. Untuk mengenali dan mengoptimalkan fungsi yang lain anda bisa cari referensi dari buku, internet atau dari teman anda.

 

One thought on “6. Setting BIOS

  1. Ping-balik: BIOS « Jelajah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s