Bios

  1. Pengenalan bios

Bios adalah sebuah chip yang tersimpan dalam EPROM (Eraseble Programmeble ROM) yang dapat digunakan untuk mengontrol hardware yang terpasang dalam sebuah computer.

Pada saat booting bios akan mengenali semua komponen dan memastikan bahwa komponen yang terpasang bekerja dengan normal dan dalam kondisi baik.

Ada banyak merek dipasaran antara lain AMI AWARD, Phoenik, dll. Tergantung dari merek motherboard yang digunakan, biasanya motherboard yang ada pada computer build up terdapat bios yang dibuat sendiri dari vendornya (ex: Dell, Hp, Acer).

  1. Kegunaan Bios

Diatas memang sudah dijelaskan salah satu kegunaan BIOS adalah untuk mengontrol hardware yang terpasang. Selain itu juga dapat dilakukan hal-hal seperti dibawah ini:

  • Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap (hardware) dalam proses POST (Power On Selt Test)
  • Memuat dan menjalankan system operasi
  • Mengatur bebrapa configurasi dasar dalam computer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kesetabilan computer.
  • Membantu system operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan prangkat keras (hardware) dan menggunakan BIOS Runtime Service.
  1. Komponen BIOS

Dalam bios terdapat komponen-komponen

  • Program BIOS setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi computer ( tipe hardisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja computer dll) sesuai keiginan. BIOS menyembunyikan detaile-detail cara pengaksesan hardware yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
  • Driver untuk hardware dasar, seperti video adapter, perangkat input, dan beberapa perangkat lainnya untuk system operasi dasar 16-bit
  • Program bootstraper utama untuk memungkinkan computer dapat  melakukan proses booting kedalam system operasi yang terpasang.
  1. Produsen BIOS

Beberapa perusahaan yang menyediakan BIOS adalah sebagai berikut:

  • Award software, yang meluncurkan award BIOS, award Modular BIOS dan award medallion BIOS
  • Phoenix Technologies, yang meluncurkan Phoenix BIOS. Dan setelah melakukan merjer dengan award software, meluncurkan phoenix-award BIOS.

One thought on “Bios

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s