Marxisme

Paradigma Marxisme merupakan suatu masukan yang berpengaruh pada pembelajaran arsitektur pada periode post modern, terutama dalam penelitian kota an institusinya. Kritik urban dalam post modern ini didukung oleh adanya pemikiran kembali pertanyaan politik yang diajukan oleh pelaku intelektual dan teori Marxisme.

Pendekatan Marxisme dalam sejarah dan teori arsitektur, mengembangkan isu mengenai berita hubungan kelas perjuangan dan kelas arsitektur. Sejarahwan Manfredo Tafuri menjelaskan tujuan dalam kesimpulan pada Architecture and Utopia ( 1973 ) :

Kritik Marxist yang bertalian dari ideologi arsitektur dan urbanisme tidak dapat namun dilanggar oleh kontingen dan kenyataan sejarah……tersembunyi di balik istilah kesatuan seni, arsitektur, dan kota.

Tafuri mendefinisikan krisis arsitektur modern…….. ( sebgai ) daripada krisis fungsi ideologi dalam arsitektur. Itu berarti bahwa pergerakan Modern telah gagal untuk mendapatkan keinginan dari permintaan masyarakat hanya dikarenakan kritikan dari kelas arsitektur. Sebuah kelas arsitektur tidak dapat mengakibatkan revolusi secara menyeluruh karena hal itu bergantung dan mengikuti revolusi umum yang terjadi. Tafuri mengklaim bahwa arsitektur modern tidak dapat menyediakan suatu gambaran arsitektur untuk masyarakat yang bebas tanpa adanya pembetulan pada elemen – elemennya yaitu :  bahasa, metode, dan struktur.

Teori kritikal dari Frankfurt School merupakan kerja sama kelompok dalam Institute of Socil Research di University of Frankfurt. Teori ini berhubungan dengan Max Horkheimer, Theodore Adorno ( keduanya merupakan pimpinan dari institut tersebut ), dan dengan Herbert Marcuse. Seperti Foucault, interdisipliner mereka melakukan pendekatan terhadap filosofi, sejarah, dan psikologi dalam usaha untuk mendeskripsikan secara akurat fenomena budaya terutama dalam konteks sosial dan politik ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s