Dekonstruksi

Salah satu dari perwujudan poststrukturalis yang paling penting adalah dekonstruksi. Suatu filsofikal dan pelatihan linguisik, dekonstruksi melihat pada landasan pemikiran dari logosentrisme. Jacques Derria filsuf asal Perancis yang kebanyakan pekerjaannya berkaitan dengan dekonstruksi, meneliti kegunaan dari cara retorikal untuk mengetahui dasar dari sebuah argumen. Sebagai contoh, ia berspekulasi pada apa yang merupakan “ arsitektur dari arsitektur “ : Jika arsitektur, tektonik dan desain urban melayani sebagai metafor yang pokok untuk sistem pemikiran yang lain misalnya seperti filosofi, maka apa yang akan mendukung arsitektur?

Derrida menggambarkan pekerjaannya :

Dekonstruksi menganalisis dan mempertanyakan poin konseptual di  mana sebenarnya telah diterima sebagai bukti pribadi dan alami, seperti jika mereka tidak dilembagakan dalam saat yag sama…… Karena telah diambil untuk diperbolehkan membatasi pemikiran mereka.

Dekonstruksi bekerja dalam batasan untuk memperlihatkan dan membongkar perlawanan dari suatu struktur. Hal itu kemudian bergerak dalam usaha pemindahan sistem dalam jumlah besar, dengan mengetahui sejarah dari disiplin dapat tersembunyi atau dikeluarkan.

Tujuan dari dekonstruksi adalah untuk menempatkan kategori filosofikal dan dalam usaha penguasaan menjadi seorang ahli, seperti hak dari satu istilah melampaui istilah lainnya dalam perlawanan ganda, seperti hadir atau tidak. Dekonstruksi merupakan pagian dari kritikan post modern, tujuan akhirnya adalah untuk mengakhiri rencana dominasi dari arsitektur modern.

Tujuan Tschumi untuk arsitektur adalah :

( untuk menerima konstruksi dari ) keadaan yang akan melepaskan aspek yang paling tradisional dan kemunduran dari masyarakat kita, dan secara serempak akan mereorganisasi elemen – elemen yang ada menjadi sesuatu yang paling bebas.

Tschumi tertarik pada suatu potensi yang tak terbatas, tidak menggolongkannya dalam suatu disiplin dan aliran tradisional, melainkan melewati batasan – batasan yang terdapat dalam semua disiplin.

Eisenman juga telah membuat suatu usulan ( dalam teori dan desain ) untuk arsitektural sebagai bacaan dan perubahan – perubahan yang banyak diterbitkannya bersama Derrida telah menjadi alat untuk memperkenalkan dekonstruksi kepada arsitek.

2 thoughts on “Dekonstruksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s